The 1st Gadget's TV Magazine

XF 305 dan XF 300: Professional HD Camcorder Terbaru Dari Canon

In Camcorder, Gadget Review on August 28, 2010 at 3:17 am

Sukses dengan tipe-tipe camcorder yang telah lebih dulu diluncurkan, Canon sebagai pemimpin di dunia digital imaging terus mempersembahkan produk yang mengedepankan inovasi terkini yaitu Canon XF 305 dan XF 300. Dua camcorder terbaru yang memiliki kompatibilitas kontrol Non-Linear Editing (NLE) ini, memanfaatkan MPEG-2 (4:2:2) dan 50 Mbps HD Codec. Pendatang baru di panggung jajaran camcorder ini merupakan Roll-out camcorder professional pertama yang bisa merekam langsung ke kartu compact flash.

Kedua Canon camcorder terbaru ini, mengadopsi MPEG-2 Full HD (4:2:2) file perekaman berbasis codec untuk menghasilkan video profesional dengan detail yang tajam pada resolusi 1920 x 1080 dari tiga Native Canon Sensor CMOS sehingga menghasilkan video digital dengan gradasi warna yg natural. Menggabungkan video, audio dan metadata ke dalam satu file tunggal, Canon XF 305 dan 300 menggunakan MXF (Material Exchange Format) yang merupakan format terbuka. Format tersebut berguna untuk memaksimalkan kompatibilitas hasil video yang sudah ada dengan Editing Non-linear Sistem.

Canon MPEG-2 Codec juga menghasilkan video digital berkualitas tinggi dengan bit rate hingga 50 Mbps. Canon XF 305 memiliki fitur Terminal Output Genlock, Time Code dan HD/SD-SDI terminal, yang berfungsi untuk pembuatan video multi-kamera dan film 3D.

Kinerja Canon camcorder profesional XF 300 dan 305 terasa semakin hebat karena dilengkapi dengan Dual Slot Kartu Swappable dan UDMA CF Card yang memudahkan transfer file ke komputer. Untuk mendukung pengadopsian dari Canon XF Codec, Canon bekerja sama dengan pengembang software komputer ternama seperti, Adobe, Apple, Avid dan Grass Valley. Hal ini untuk memastikan kekompakan antara camcorder dengan program perangkat lunak yang sering digunakan dalam produksi video dan industri penyiaran.

Ketajaman Audio
Keunggulan visual profesional camcorder Canon XF 305 dan XF 300 disempurnakan dengan fleksibelitas suara yang ditawarkannya. Fitur microphone built-in serta dual XLR input yang dimilikinya sanggup menangkap sumber audio eksternal. Jadi, suara yang dihasilkan akan terdengar jelas dan tajam. Canon XF 305 dan XF 300 mendukung Audio PCM 16-bit pada 48 kHz dengan tingkat penyesuaian otomatis dan manual audio.

Kecanggihan Processor Digic III DV
Keistimewaan lainnya dari Canon XF 300 dan 305 adalah prosesor Digic III DV yang menangkap warna-warni alami dengan akurat. Kekuatan inovatif dari prosesor DIGIC DV III ialah fitur teknologi Face Detection, dimana pengguna dapat menetapkan wajah utama dalam kelompok video dan secara otomatis fokus pada wajah utama itu, bahkan ketika subjek juga bergerak.

Untuk memaksimalkan kecanggihan kedua camcorder Canon terbaru ini, masing-masing tipe dilengkapi dengan kemampuan merekam dengan beranekaragam bit rates, resolusi dan frame rate variable untuk gerakan lambat maupun cepat. Fitur tambahan termasuk Variable-interval yang bisa menangkap waktu selang, frame untuk animasi stop-motion, dan frame photo pilihan.

Superior Canon Optik dengan Stabilisasi Gambar
Agar semakin meningkatkan nilai daya saing Canon sebagai bintang di panggung digital imaging, lensa pada video camcorder Canon XF 305 dan XF 300 menggunakan HD Video Lens 18x lensa L-series dengan zoom 35mm setara kisaran 29.3-527.4 mm. Ditambah lagi, moda Manual Focus yang pengaturannya dapat diatur dengan mudah oleh pengguna. Canon menggunakan HI-UD (High-index, Ultra Low Dispersion), dan Aspherical Lens yang berfungsi untuk meminimalisir noise sehingga memberikan warna yang tajam serta ukuran yang kompak. Lensanya juga terintegrasi dengan sistem SuperRange tebaru berupa Optical Image Stabilizer (OIS) dengan fitur Dynamic dan Powered Mode sehingga meningkatkan kinerja sensor dalam menghasilkan fokus yang lebih cepat.

Kenyamanan Pengguna
Dirancang untuk kenyaman dan fleksibilitas maksimum, disain Canon XF 300 dan XF 305 memungkinkan pengguna mengambil video gambar secara mantap tanpa harus menahan rasa lelah pada lengan. Selain memperhatikan kenyaman bagi para penggunanya, monitor LCD 4 inch beresolusi 1,23 megapixel yang bisa berputar dan dapat diposisikan kemana saja, baik ke sisi kanan atau kiri tubuh camcorder agar mempermudah melihat video yang diambil bahkan pada posisi pengambilan video yang paling sulit sekalipun.

Monitor LCD kedua camcorder anyar ini menyediakan tampilan Built-in Waveform Memory dan Vectorscope untuk membantu mencapai tingkat eksposur dan warna yang akurat saat pengambilan video. Tidak hanya itu, LCD juga dapat menunjukan monitor fokus dan memperbesar gambar, memungkinkan pengguna untuk mengonfirmasikan objek dalam format HD. Dilengkapi elektronik viewfinder 1,55 megapixel, kamera video profesional ini memberikan resolusi tertinggi di kelasnya untuk critical focus dan cakupan 100 persen pada tampilannya.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: