The 1st Gadget's TV Magazine

Penjualan Smartphone Meningkat Drastis

In Hot Info, Smartphone on August 3, 2010 at 2:14 am

Tingginya intensitas persaingan antar produsen ponsel pintar telah menggerakkan roda industri smartphone di dunia. Sebuah survey yang dilakukan oleh firma Strategy Analytics mencatat bahwa dalam paroh kedua tahun ini telah dikapalan sebanyak 60 juta buah ponsel cerdas ke berbagai penjuru dunia. Angka tersebut setara dengan peningkatan sebesar 43 persen dari pertumbuhan industri tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini didorong oleh subsidi yang kuat dari para operator telekumunikasi, persaingan kuat antara vendor high-end, dan memingkatnya pilihan telepon selular berplatform seperti Android dan Symbian. Secara keseluruhan, smartphone menyumbang 19 persen dari semua handset yang dikapalkan selama periode berjalan.

Namun peningkatan ini memusingkan para produsen ponsel. Pasar yang semakin kompetitif bisa menjadi tantangan bagi produsen untuk meningkatkan keuntungan.

“Industri smartphone global tumbuh dalam volume, tetapi nilai industri mulai merasakan dampak persaingan,” kata Neil Mawston, direktur Strategy Analytics. “Puluhan pedagang dari telekomunikasi, PC dan elektronik konsumen industri menumpuk dipasar dengan harga yang terus menukik ke bawah. Bahkan merek-merek mapan seperti Nokia, RIM, dan Apple serasa semakin sulit untuk menaikkan harga dan keuntungan dalam menghadapi persaingan yang ketat tersebut.

Dari 3 pemain besar pasar smartphone, pangsa pasar Nokia sedikit menurun ke angka 40,3% dibandingkan 40,7 persen pada kuartal kedua tahun 2009. Di posisi kedua, Research in Motion (RIM) pangsa pasarnya juga menurun jadi 18,8 persen dari 19,3 persen pada tahun sebelumnya. Sebaliknya Apple justri mengamati pertumbuhan sahamnya menjadi 14,1% dari 12,5% pada kuartal tahun lalu.

Meskipun RIM adalah produsen smartphone terkemuka di Amerika Utara dan Selatan, Nokia masih unggul di seluruh dunia. Selama periode itu, Nokia dikirim 24.000.000 ponsel, dibandingkan dengan 11.200.000 RIM dan Apple 8.4 juta.

Apple terus melihat lonjakan dalam pengiriman iPhone, penjualan dan keuntungan. Tapi gelombang baru tumbuh kritik terhadap perusahaan yang harga sahamnya terus meningkat. Apple juga dibayangi soal produk barunya, iPhone 4 yang bermasalah pada antenanya.

Akibatnya, Strategy Analytics berpendapat bahwa masa bulan madu Apple mungkin segera berakhir dan akan perlu bekerja keras pada semester kedua tahun ini untuk mencegah runtuhnya harga saham yang berakibat pada menurunnya pangsa pasar.

“Kisah dari ‘antenna-gate’ Apple menyoroti dua masalah utama yang dihadapi industri smartphone global,” ujar Mawston. “Pertama, risiko kegagalan dalam perangkat untuk semua pemasok terus meningkat. Dan kedua, operator dan penyedia smartphone dapat membedakan merek mereka dengan menawarkan layanan pelanggan yang baik ketika ada yang salah.

Pangsa pasar Apple untuk kuartal kedua turun sedikit dari kuartal pertama. Tapi penurunan Apple adalah sebuah kemunduran, bukan resesi, terutama ketika melihat peningkatan secara menyeluruh saham dari 12,5 persen tahun lalu dan 2 persen pada kuartal kedua 2008.

Penurunan pangsa pasar triwulanan Apple untuk ada dua faktor. Pertama, pelanggan yang menahan membeli iPhone baru yang menunggu versi baru dari 4 iPhone pada akhir Juni. Menurut para analis, statistik penjualan iPhone 4 tidak akan merefleksikan pangsa pasar Apple untuk kuartal ketiga.

Tapi kedua, mungkin Apple mencapai batas pada jumlah pelanggan bisa ambil melalui operator saat ini, terutama di pasar utama iPhone seperti di Amerika Serikat, Cina, dan Jepang. Untuk memperluas pangsa pasar lebih lanjut, Apple akan perlu memperluas kerjasama dengan operator di berbagai negara.

Update pengetahuan gadget Anda melalui handphone dalam buletin “Gadget+” (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: