The 1st Gadget's TV Magazine

Dell Ramaikan Pasar Ponsel Dunia

In Handphone, Hot Info on July 28, 2010 at 5:55 am

Pasar ponsel dunia kian seksi dan memikat para vendor perusahaan elektronik dunia. Satu lagi yang kepincut masuk pasar ini adalah raksasa komputer dunia, Dell. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang dikenal sebagai produsen komputer untuk retail maupun server korporat itu telah menyiapkan sejumlah ponsel. Hal ini terkuak pada kongres CTIA Wireless di Las Vegas, Amerika Serikat, belum lama ini.

Salah satu yang diungkap dalam event tersebut adalah Dell Aero yang disebut-sebut bakal menjadi ponsel Android terkecil. Selain itu, Dell juga menyiapkan Dell Thunder, Dell Smoke, Dell Flash, dan Dell Lightning. Semuanya menggunakan sistem operasi Android., kecuali Lightning yang akan berjalan dalam platform Windows Phone 7.

Berikut ini profil debut kelima ponsel buatan Dell

Dell Aero
Aero pertama kali tampil di hadapan publik, yakni di ajang CTIA Wireless, Maret lalu. Meski tidak mempertontonkan jeroannya –cuma dipamerkan fisiknya– kehadiran Aero mulai menyingkap keseriusan Dell menekuni pasar ponsel pintar. Desain Aero dibuat dengan “semangat” Dell Mini 3i, ponsel Dell yang diluncurkan di pasar Cina tahun lalu.

Ukuran layar keduanya memang sama, 3,5 inci. Yang membedakannya adalah Aero menyediakan 3G dengan HSDPA, Wi-Fi, dan kamera 5 MP–fitur yang tak dimiliki Mini 3i (kamera Mini 3i hanya 3,2 MP). Ponsel berbasis Android OS v2.1 ini kabarnya akan di-refresh dengan Android v2.1 di kemudian hari. Aero juga bakal meluncur paling cepat ke pasar, yakni pada kuartal ketiga atau keempat tahun ini.

Dell Thunder
Seperti Lightning, ponsel ini dikemas dengan layar sentuh WVGA OLED 4,1 inci. Bedanya, Thunder, yang bersistem operasi Android v2.1. Kameranya 8 megapiksel, dengan autofocus.

Antarmuka Thunder mirip dengan Sense UI dari HTC. Prosesornya juga sama seperti yang dimiliki Lightning, yakni Qualcomm Snapdragon QSD8250, 1 GHz. Seperti Lightning, Thunder akan hadir dalam versi LTE pada akhir 2011.

Dell Smoke
Smoke hadir dengan desain yang cukup menarik, dengan keyboard full QWERTY di bawah layar sentuh 2,8 inci QVGA-nya. Android 2.2. Spesifikasi lain yang tak kalah penting adalah kamera 5 megapikselnya dan kecepatan transfer datanya 14,4 Mbps HSPA. Slot kartu microSD juga tersedia, dengan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth 2.1 + EDR. Si ‘Asap’ dengan ketebalan 10,5 mm ini kabarnya akan dirilis pada kuartal kedua 2011.

Dell Flash
Ponsel ini dibangun dengan layar sentuh TFT WVGA 3,5 inci dan didukung prosesor Qualcomm 800MHz. Ia memiliki memori RAM 512 MB dan mendukung kartu microSD hingga 64 GB. Flash, seperti namanya, telah mendukung Flash 10 dalam browser-nya.

Kamera 5 MP autofocus ponsel ini juga telah dilengkapi flash alias lampu kilat. Di sisi konektivitas, Dell Flash menawarkan quad-band GSM/EDGE dan 3G tri-band dengan HSPA, Wi-Fi dengan DLNA, Bluetooth 3.0, serta jack audio 3,5 mm dan TV out. Flash akan dipasarkan pada kuartal pertama 2011.

Dell Lightning
Ponsel ini dilengkapi layar sentuh kapasitif WVGA OLED ukuran 4,1 inci. Selain sistem operasi Windows Phone 7, Lightning ditanami prosesor Snapdragon QSD8250 1GHz. Resolusi kameranya juga cukup besar, 5 megapiksel, dengan autofocus. Sedangkan memori internalnya sebesar 8 gigabita dengan memori RAM 512 MB plus slot kartu MicroSD.

Artikel ini bisa Anda akses melalui handphone dalam buletin “Gadget+” (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: