The 1st Gadget's TV Magazine

HTC Desire, Smartphone dengan Sistem Operasi Android 2.1

In Gadget Review, Smartphone on July 8, 2010 at 4:16 am

Keterlibatan perusahaan mesin pencari Google dalam bisnis sistem operasi komputer atau smartphone telah mengubah landscape industri sistem operasi dunia. Dua tahun silam, Symbian dan Windows Mobile begitu merajai pangsa pasar. Tapi saat ini, Android yang dibuat oleh Google, mulai diminati oleh konsumen maupun perusahaan-perusahaan ponsel dunia.

HTC yang dikenal sebagai produsen ponsel cerdas secara resmi mengenalkan produk barunya di Tanah Air, yaitu HTC Desire. Ponsel dengan prosesor Snapdragon 1GHz dari Qualcomm ini memanfaatkan sistem operasi terbaru, Android 2.1. Bentuknya tetap candy bar dengan dimensi 11,9x6x1,19 cm.

Didukung dengan baterai berkapasitas 1400mAh, bobot ponsel yang punya koneksi WiFi 802.11b/g ini cukup ringan, hanya 135 gram. Dengan teknologi touchscreen, layar WVGA capacitive 3,7” dengan resolusi 480×800 sangat responsif. Bagi konsumen yang gemar berselancar di jagad maya, HTC Desire sangat nyaman dipakai berinternet. Ia berkerja di jaringan 3G, dan bisa dipacu dengan kecepatan download sampai 7,2Mbps dan 2MBps untuk upload.

Kualitas kamera 5 megapixel cukup memuaskan, apalagi dibekali juga dengan fitur pendeteksi wajah, otofokus, flash dan geotagging. Selebihnya, piranti ini dilengkapi antara lain dengan radio FM, audio recorder, slot microSD, digital compass, antena internal GPS dan sharing internet melalui USB.

Seperti seri HTC sebelumnya yaitu HTC Legend, smartphone berharga Rp 6,5 juta ini sudah dibekali aplikasi Friend Stream, sebuah aplikasi yang menyatukan semua komunikasi dari jejaring sosial, seperti Twitter, Facebook maupun Flickr. Semua bisa ter-update dengan rapi dalam satu halaman. Fitur ini mengingatkan konsumen pada perangkan Blackberry.

Menariknya lagi, Friend Stream ini bisa dimodifikasi dengan seperti membuat kontak bisa mengelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Misalnya teman, kolega, dan lain sebagainya. Seperti halnya pada desktop PC atau laptop, ponsel ini dapat menampilkan 7 thumbnail atau shortcut untuk memermudah dan memercepat akses ke program lainnya.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: