The 1st Gadget's TV Magazine

iPhone 4 Siap Guncang Persaingan Pasar Smartphone

In Smartphone on June 21, 2010 at 9:02 am

Tensi persaingan dalam industri smartphone kian memanas saja. Setelah mengguncang pasar lewat produk anyarnya iPad, Apple berencana merilis ponsel pintar gererasi keempatnya yaitu iPhone 4. Beberapa pekan lalu memang sempat tersiar kabar tersebut, namun oleh pendirinya, yaitu Steve Jobs, rumors tersebut secara resmi ia benarkan.

Tepatnya pada pembukaan forum Worldwide Developers Conference (WWDC) 2010 di San Francisco yang berlangsung belum lama ini, Jobs menyingkap sedikit spesifikasi dari iPhone 4 tersebut. Misalnya, iPhone 4 memiliki layar dengan resolusi yang jauh lebih baik dibandingkan generasi pendahulunya. Terdapat dua kamera pada depan dan belakang ponsel yang dilengkapi dengan lampu flash. Kamera dengan resolusi 5 megapixel itu juga memiliki kemampuan zoom digital 5x dan backside illumination untuk memperbaiki sensornya.

Ketebalannya 9.3mm, atau lebih tipis dari iPhone 3GS dan disebut Jobs sebagai smartphone tertipis saat ini. Adapun prosesornya, Apple menggunakan prosesor A4 untuk iPhone 4. Ini adalah chip yang sama dengan yang digunakan pada iPad dan diproduksi sendiri oleh Apple.

Fitur baru yang bakal muncul adalah aplikasi bernama FaceTime. User dapat memanfaatkan kedua kamera iPhone 4 untuk melakukan perbincangan lewat video atau video chat. Ponsel pintar ini akan dilengkapi juga dengan toko aplikasi buku Apple yang ia namakan dengan iBook. Terdapat ratusan ribu judul buku tersedia di toko online tersebut. Hebatnya lagi, apabila pengguna sudah membeli di iBook dengan iPhone atau iPod Touch, bisa juga disinkronkan dengan perangkat lain, misalnya iPad tanpa tambahan biaya lagi, alias gratis.

Sejauh ini belum diketahui berapa harga dan kapan smartphone ini dipasarkan. Namun yang pasti kehadiran Apple iPhone 4 ini patut ditunggu dan diharapkan dapat menghadang gempuran gadget dari para pesaingnya, seperti Blackberry atau ponsel bersistem operasi Android yang kini mulai membanjiri pasar ponsel pintar.

Kini Anda dapat mengakses berita-berita Techno & Mobile dalam “Gadget+” melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: