The 1st Gadget's TV Magazine

Lenovo ThinkPad Edge, Notebook bagi Kalangan UKM

In Gadget Review, Notebook on March 7, 2010 at 10:07 am

Edge_black (2)Notebook legendaris ThinkPad itu kini mulai menanggalkan image sakralnya sebagai komputer jinjing yang mahal, desain konservatif, dan pegangan bagi korporasi multinasional. Setelah diambil alih oleh Lenovo dari IBM, seri ThinkPad keluar varian barunya yaitu Lenovo ThinkPad Edge. Yang paling tampak mencolok tentunya casing yang terdiri dari tiga pilihan warna: hitam tak mengilap, hitam mengilap, dan merah. Dua warna terakhir, dalam sejarah ThinkPad sepertinya belum pernah ada.

Revolusi lain di ThinkPad Edge ini adalah keyboard yang tampak bersih. Ada yang berbeda dari seri-seri ThinkPad sebelumnya. Deretan tombol Fungsi (Fn) di bagian atas, jika biasanya tertulis F1, F2, dst yang diutamakan, di sini tidak demikian. Justru icon fungsi yang ditonjolkan, dan diletakkan di bagian atas. Bahkan tiga fungsi tombol multimedia – Back, Play/Stop, Forward – sudah disertakan. Artinya, saat ingin memutar lagu kita tidak perlu lagi menekan kombinasi tombol Fn-F12 (misalnya). Cukup tekan tombol F12 itu saja. Tidak percuma, fungsi ini sangat memudahkan.

Dengan varian pilihan 3 ukuran lebar layar, yaitu 13, 14, dan 15 inci, ThinkPad Edge dibekali dengan prosesor Intel Core 2 Duo SU7300 1,3GHz. Prosesor ULV (ultra low voltage) ini juga berkontribusi dalam membuat desain badan Edge langsing, dan daya tahan baterai 6-cell-nya cukup panjang, atau bisa bertahan sekitar 8 jam. Untuk media simpan, terdapat harddisk standar 250GB, tapi bisa di-upgrade ke 320 atau 500GB. Untuk memori, standarnya 1 atau 2 GB, dan bisa ditambah sampai 4GB.

Dengan kisaran harga di bawah Rp 10 juta, notebook ini didedikasikan bagi mereka yang bergerak di Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sekalipun lebih terjangkau harganya, dari aspek performa mesin dan kekuatannya masih tetap dilestarikan.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

  1. modelnya neat-o. emang gak kayak model2 lenovo biasanya. tapi prosesornya mungkin bisa ditambah kekuatannya, biar lebih pas untuk semua kalangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: