The 1st Gadget's TV Magazine

Jajaran TV dengan Teknologi Terbaru

In Home & Office Gadgets on March 1, 2010 at 11:02 am

lg-sl90-photoLG Electronics Indonesia (LGEIN), pemain utama pada pasar global layar panel datar dan perangkat audio-video, mengumumkan peluncuran SL90 (INFINIA), 1st DIGITAL LED LCD TV yang setipis selembar kaca dan akan menciptakan kesan desain minimalis yang premium pada ruangan apapun. Televisi supertipis yang sempat dipamerkan pada Consumer Electronics Show di Las Vegas, Nevada pada awal Januari ini memiliki ketebalan tidak lebih dari 3 cm. Ini berarti 5 cm lebih tipis daripada TV LCD konvensional lainnya yang mencapai 8 cm.

Infinia dilengkapi dengan keberadaan built-in tuner yang berfungsi sebagai penangkap siaran TV Digital. Tunner ini terintegrasi langsung di dalam set sirkuit LCD TV. Hasilnya, tanpa adanya perantara perangkat lain, kualitas penangkapan sinyal video dan audio lebih sempurna.

Bisa dibilang, digital TV dari LG ini bersifat hibrid, artinya ia dapat menangkap baik siaran digital maupun analog. Jadi, selama proses migrasi dari sistem analog ke digital, penonton yang tidak dapat menangkap siaran digital tetap dapat menikmati siaran analog seperti biasa. Di samping itu, TV digital menyajikan gambar dan suara yang jauh lebih stabil dan resolusi lebih tajam ketimbang analog.

Sementara itu, Panasonic Corp Japan pada ajang event yang sama menampilkan Panasonic Plasma Viera full HD, 3D TV yang dilengkapi dengan blu-ray player 3D dan home theater. Apa yang ditampilkan Panasonic mendapat perhatian pengunjung dengan ukuran ”gajah” 152-inch yang diklaim Panasonic sebagai yang terbesar di dunia, memiliki resolusi layar 8,84 juta piksel.

Tidak ingin kalah dengan para pesaingnya, raksasa elektronik asala Jepang lainnya, Sony memperkenalkan TV Sony Bravia 3D memperlihatkan gambar lebih tajam. Stan Sony yang dilengkapi playstation bukan saja dinikmati para pria, wanita pun asyik main game. Sensasi 3D dalam permainan game playstation diyakini akan menjadi tren 3D yang paling sukses di dunia pada tahun 2010.

Sementara itu, Sharp Aquos 3D mempromosikan Hello Yellow. Pada ajang CES 2010, Sharp Electronics Corp Japan mengusung LED TV dan 3D TV dengan teknologi warna, warna tajam seperti aslinya mendapat perhatian pengunjung. Berbagai line up TV 3D yang didisplai dari ukuran 42-inch, 52-inch, 60-inch,hingga 68-inch. Selain itu, juga dilengkapi dengan blu-ray player. Sebagai market leader Sharp Electronics di Indonesia juga memamerkan teknologi plasmacluster.

Pabrikan Korea Selatan lain yang tidak kalah gencar, adalah Samsung. Mereka memperkenalkan spesies baru televisi LCD untuk pasar Indonesia. Ada tiga varian yang ditawarkan vendor asal Korea Selatan ini, yakni B8000, B7000, dan B6000. Ketiganya merupakan televisi LED (light emmiting diode).

Televisi LED adalah televisi yang menggunakan emmiting diode sebagai sumber cahaya. Sementara untuk televisi tradisional, sumber pencahayaan berasal dari cold cathode fluorescent lamps (CCFL). Perbedaan sumber pencahayaan mengakibatkan perbedaan menyangkut rasio kontras.

Sekalipun secara teknis LED mampu menghasilkan gambar yang lebih baik, vendor seperti Samsung tetap memperkaya teknologi ini dengan berbagai fitur. Misalnya teknologi mega contrast yang dapat mengatur pencahayaan LED antara lain untuk menghasilkan gambar hitam pekat.

Untuk meningkatkan kualitas gambar Samsung juga memperkaya dengan auto motion plus untuk mengurangi efek kabur atau gambar berbayang. Bahkan untuk tipe B8000 dibenamkan pula teknologi 200Mhz motion plus yang mampu menghasilkan frame rate hingga 200 Mhz.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: