The 1st Gadget's TV Magazine

Deretan Ponsel Android

In Handphone on February 8, 2010 at 8:31 am

google-android1Harus diakui, sistem operasi ponsel Android yang baru berumur jagung ini sudah diperhitungkan oleh para produsen ponsel dunia. Banyak yang memprediksi, bila operating system bikinan raksasa mesin pencari Google, ini bakal punya peran penting dalam percaturan industri ponsel dunia kedepan. Maka tidak heran bila para vendor ponsel ramai-ramai mengenalkan ponsel Android mereka. Siapa saja mereka ?

Langkah Google terjun ke industri telepon seluler (ponsel) patut diperhitungkan oleh kawan maupun lawan. Keberanian raksasa mesin pencari asal Amerika Serikat itu tentu sudah mereka pertimbangkan dengan masak-masak. Dan sesuai dengan prediksi mereka, sitem operasi ponsel baru Android bakal mengguncang pasar ponsel dunia.

Android dikembangkan oleh raksasa mesin pencari Google kurang lebih 1 tahun yang lalu. Korporasi yang didirikan Larry Page dan Sergey Brin itu mengembangkan smartphone yang tidak memerlukan lagi banyak pulsa. Menghubungi ponsel orang cukup dengan account GMail di ponsel. Sebuah langkah yang bakal membuat operator telekomunikasi was-was.

Bukti keberhasilan Android ini tampak dari beberapa vendor yang secara sukarela mengembangkan ponsel-ponsel baru mereka dengan menanamkan operating system (OS) Android. Bebrapa merek ponsel yang sudah mengadopsi antar lain sebagai berikut :

Sony Ericsson Xperia X10

Sony-Ericsson-XPERIA-X10-Android-PhoneXperia X10 merupakan ponsel perdana Sony Ericsson yang mengabungkan grafik dengan kemampuan ponsel pintar. Xperia X10 juga menjadi petanda awal sebuah platform UX baru yang akan dikembangkan ke seluruh rangkaian produk Sony Ericsson ke depannya.

Platform UX menyertakan sistem operasi terbuka persembahan Sony Ericsson, menciptakan pengalaman unik bagi pengguna Sony Ericsson untuk mengadopsi software terbaru yang dikembangkan sendiri oleh konsumen.

Tak hanya itu saja, mereka juga membenamkan beragam aplikasi khas Sony Ericsson dan integrasi layanan media sosial dengan tampilan grafis yang menarik. Dengan aplikasi khas Sony Ericsson seperti Mediascape dan Timescape, Xperia X10 memudahkan konsumen mengatur ponsel dengan cara yang lebih intuitif. Xperia X10 adalah ponsel pertama yang membuat interaksi dengan ponsel menjadi semakin alamiah.

Ponsel pintar ini memiliki layar 4 inch touchscreen dengan resolusi 480×850 piksel, sebuah camera 8.1 megapiksel dengan 16x zoom digital dan geo-tagging, bluetooth stereo, GPS, Microsoft Exchange ActiveSync, system Android, aplikasi Google seperti Gmail, Calendar, Maps dengan Street View, Talk dan Voice Search.

LG GW620

lg-gw620-azerty-10-02-09Makin banyaknya vendor yang membenamkan sistem operasi Android, rupanya mengusik LG Mobile. Sistem operasi ini dibenamkan LG pada produk terbarunya, GW620. Ia sekaligus menjadi ponsel LG dengan sistem operasi Android. GW620 merupakan ponsel layar sentuh berukuran tiga inci dengan desain  sliding. Layar menggunakan teknologi TFT dengan kedalaman 256 ribu warna dan resolusi 320×480 piksel. LG juga membenamkan sensor akselerometer untuk mengatur posisi layar secara otomatis ketika ponsel digerakkan.

Ponsel HSDPA ini memiliki kamera lima mega piksel dengan resolusi 2560 x 1920 piksel dengan autofocus. Kehadiran GW620 sekaligus sebagai antisipasi LG akan tingginya permintaan akan ponsel berbasis Android yang mendukung jejaring sosial di dunia maya. Tujuan LG menyediakan pilihan ponsel pintar ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ponsel Android ini hanyalah satu dari sekian banyak ponsel pintar yang akan LG Mobile kenalkan di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Langkah LG mengadopsi OS Android ini boleh jadi bakal menjadi langkah raksasanya, mengingat LG tahun ini punya target menjadi pemain nomor satu atau dua di industri ponsel dunia yang kini diduduki oleh Nokia dan rekan senegaranya, Samsung.

Samsung Galaxy Spica i5700

samsung-spica-blackSebagai pemain lama di industri ponsel, Samsung rupanya tidak mau ketinggalan dengan uforia Android besutan Google. Handset terbaru buatan Samsung ini diberi nama dengan Galaxy Spica i5700. Ponsel yang dilengkapi dengan Android 1.5 ini akan segera mendapatkan pembaharuan untuk citarasa yang lebih baru atas keberadaan sistem operasinya.

Dengan ketebalan 13.2mm, ponsel ini menawarkan layar sentuh 3.2 inch dan juga termasuk banyak pilihan konektivitas. Di antara kemampuan ini, tersedia dukungan jaringan quad-band GSM, HSDPA pilihan, serta konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi.

Ponsel ini dibekali dengan kamera 3.2 megapixel, built-in GPS receiver, dengan memori internal 180MB, dan dengan kartu memori MicroSD slot untuk tambahan ruang penyimpanan (sebuah kartu microSD 1GB yang juga disertakan. Dengan processor 800 MHz, Spica i5700 dilengkapi dengan DivX. Sebuah fitur untuk memindahkan film dari DVD Anda ke Galaxy Spica i5700 ini tanpa harus menguras memori.

Samsung baru saja mengenalkan ponsel barunya ini di Inggris. Coba Anda bayangkan, vendor ponsel asal Korea Selatan dengan operating system buatan Amerika Serikat, tapi launching produknya dilakukan di jantung benua Eropa, Inggris. Kira-kira apa makna dibalik ini semua ?

Tidak salah. Samsung yang kini menduduki posisi kedua di pasar ponsel dunia punya ekspektasi mentuk menjadi pemimpin pasar menggeser Nokia. Sebuah merek ponsel yang amat kuat asosiasinya di daratan Eropa.

IMO S900

80131_imo_s900__ponsel_lokal_pertama_berbasi_android_300_225Android rupanya tidak saja membius vendor ponsel kenamaan. Pemain lokal seperti IMO juga tidak sabar menguji kehebatan operating system baru ini dengan seri IMO S900. Ponsel ini merupakan ponsel lokal pertama yang menggunakan sistem operasi ini. Langkah ini cukup berani mengingat kehadiran Android di Indonesia belum se-moncer sistem operasi Symbian yang didomonasi oleh ponsel-ponsel merek Nokia.

Sekalipun sudah “berbaju” Android, IMO tampaknya belum cukup pe-de dengan tampilan yang berkarakter. Sepintas, S900 mirip dengan Blackberry Storm yang sama-sama mengusung layar sentuh TFT. Tapi dibalik itu semua, ponsel ini ditunjang dengan prosesor Samsung S3C2448 dengan kapasitas ROM dan RAM yang masing-masing berukuran 128 MB.

Ponsel seharga 2 jutaan rupiah ini ditanam berbagai aplikasi online milik Google, Twitter dan beragam instant messaging, seperti: Yahoo, MSN, Google Talk, atau ICQ. IMO S900 juga mendukung aplikas-aplikasi mobile bagi para pebisnis, baik fasilitas pushmail, document viewer, maupun PDF.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

  1. harganya imo berapa ?

  2. penasaran dgn sistem operasi ini…apa mirip gak ya dgn winmobile ? boros batere ? ada yang harganya miring ?

  3. @ Hindra : Android berbeda dengan Winmobile. OS baru ini bisa disejajarkan dengan Blackberry dan iPhone. Android diklaim bekerja sangat ringkas sehingga hemat batere. Sejauh ini IMO Android dihargai sekitar 2 juta perak.

  4. Galaxy Spica mantep kayaknya tuh!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: