The 1st Gadget's TV Magazine

Optimalikan Wi-Fi pada Mac, iPhone dan iPod

In Tips & Tricks on February 5, 2010 at 9:19 am

overview_tab_wifi20080603Teknologi Wi-Fi sesungguhnya bukanlah hal yang baru dalam ranah kehidupan kita sehari-hari. Apalagi bagi yang biasa berkutat dengan perangkat komputer atau handphone. Tips & Tricks kali ini akan membahas mengenai cara untuk memaksimalkan penggunaan Wi-Fi yang ada di komputer Mac, iPod, dan iPhone.

Wi-Fi biasanya digunakan untuk berinternet di hot-spot, tapi Wi-Fi ternyata juga bisa untuk melakukan banyak hal lain. Simak cara-cara pemanfaatan Wi-Fi dan trik-triknya berikut ini:

Wi-Fi untuk berinternet:

Tentu saja, fungsi utama Wi-Fi adalah untuk mengakses Internet menggunakan hotspot atau wireless router. Pada MacBook, kita harus mengaktifkan dulu AirPort, lalu cari hotspot yang diinginkan.

Wi-Fi untuk transfer data:
Untuk transfer data dari MacBook ke iPhone atau iPod touch, gunakan aplikasi semacam FlashDrive. Langkah awal, jalankan aplikasi FlashDrive. Catat angka yang ada dalam aplikasi tersebut. Di MacBook, masuk ke menu Go > Connect To Server, lalu masukkan angka yang tadi tercatat. Anda langsung bisa memasukkan data ke iPhone/iPod touch

apple-wi-fi-music-storeUntuk transfer data dari iPhone ke iPhone atau ke iPod touch, gunakan aplikasi Mover. Jalankan Mover, tambahkan file ke ‘meja’, dan lempar ke perangkat yang Anda kehendaki.

Wi-Fi Untuk Multiplayer game:
Untuk multiplayer game, pilih opsi Multiplayer pada perangkat iPhone atau iPod touch, dan pilih Wi-Fi. Setelah nama perangkat lain muncul, Anda bisa langsung bermain bersama.

Wi-Fi Untuk kendali jarak jauh:
Untuk kendali jarak jauh, gunakan aplikasi Touchpad Elite. Jalankan aplikasi, dan setelah terhubung ke jaringan yang sama, komputer akan terdeteksi oleh software. Apabila tidak terdeteksi, masuk ke system Preferences, lalu masuk menu Sharing, dan aktifkan opsi Screen Sharing. Nama komputer akan terdeteksi. Klik nama komputer pada program TouchPad, dan mulailah mengendalikan komputer dari jarak jauh.

Niko Radityo ~ Managing Editor, Macworld Indonesia

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: