The 1st Gadget's TV Magazine

Evdo Rev. B, Babak Baru dalam Jaringan Broadband CDMA

In Hot Info on February 1, 2010 at 5:21 pm

69838_menara_bts_wimaxTeknologi EVDO merupakan layanan akses Wireless Internet Broadband berkecepatan tinggi sebagai jawaban atas trend permintaan pasar akan pemanfaatan dan penggunaan data via internet dalam komunikasi global yang terus meningkat. Dalam perjalanannya, teknologi Mobile Broadband CDMA (Code Division Multiple Access) terus mengalami evolusi dalam meningkatkan kinerjanya.

Bagaimana perjalanan perkembangan teknologi mobile broadband CDMA ini ?

Setidaknya, ada empat tahapan penting dalam perkembangan teknologi tersebut. Yaitu CDMA2000-1x, EV-DO Revision 0 (bacanya zero ya bukan “o”), EV-DO Revision A (Rev A), serta yang paling mutakhir adalah EV-DO Revision B.

  • CDMA2000-1X adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan generasi layanan mobile canggih yang menyediakan komunikasi suara dan data berkecepatan tinggi konektivitas, termasuk akses ke Internet, aplikasi data mobile dan konten multimedia.
  • EV-DO Rev 0 (Evolution-Data Optimized) memperkenalkan kecepatan tinggi baru packet-switched teknik transmisi yang secara khusus dirancang dan dioptimalkan untuk data-centric jaringan broadband yang dapat memberikan kecepatan data puncak melampaui 2 Mbps dalam lingkungan mobile.
  • EV-DO Rev A adalah suatu evolusi dari EV-DO Rev 0 yang meningkatkan tingkat puncak pada maju mundur dan link untuk mendukung wide-variety of symmetric, delay-sensitif, real-time, dan secara bersamaan suara dan aplikasi data broadband. Dengan kecepatan uplink lebih simetris memungkinkan pengguna untuk mengirim file besar, email dengan lampiran, resolusi tinggi foto dan video pribadi dari perangkat mobile mereka.
  • EV-DO Rev B merupakan langkah evolusi Rev A yang terdiri dari upgrade software yang menggabungkan beberapa EV-DO Rev A channel untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk pengiriman multimedia, bi-directional pengiriman data dan VoIP berbasis layanan bersamaan seperti VoIP, push-to-talk, video telephony, suara dan multimedia secara simultan, dan multiplayer online game.

Untuk menikmati layanan EVDO Rev B melalui modem ZTE yang ditawarkannya, pelanggan Smart akan dikenai biaya Rp 450 ribu per bulan. Biaya ini sudah termasuk biaya akses tanpa batas selama setahun dan GRATIS modem bila berlangganan selama 12 bulan.

speedtest1Untuk menunjang perkembangan teknologi mobile broadband CDMA yang begitu pesat, layanan Mobile Broadband Smart menggunakan modem wireless CDMA (Code Division Multiple Access) contoh: ZTE USB Modem AC2726 yang didukung teknologi terkini EVDO Rev-A. Teknologi ini baru pertama kali diterapkan di Indonesia sehingga pada peluncurannya tercatat di MURI ( Museum Rekor Dunia Indonesia ) dalam kategori “yang pertama” di Indonesia, sebagai “Operator Telekomunikasi CDMA Pertama Yang Meluncurkan Teknologi EVDO (Evolution Data Only) Rev. A untuk Telekomunikasi Nirkabel Secara Komersial” pada tahun 2008 yang lalu.

Kemampuan data koneksi Mobile Broadband Smart ini sangat handal karena memiliki koneksi khusus yg terdedikasi untuk data, yang terpisah dari koneksi suara. Kecepatan akses download Mobile Broadband Smart mencapai 3.1 Mbps dan kecepatan uploadnya hingga 1.8 Mbps. Dengan layanan Mobile Broadband Smart ini diharapkan para internet user dapat berkomunikasi kapan pun dan dimana pun mereka berada dengan akses berkecepatan tinggi (EVDO).

Untuk menunjang mobilitas Anda, Smart juga menyediakan ponsel Smart E329 (bacanya pakai bhs indonesia aja E tiga dua sembilan). Pertama di Indonesia Hape dual on GSM-CDMA 3.5G bisa nyambung terus tanpa ganti hape sekaligus internetan super cepat. Menggunakan teknologi CDMA 2000 1x EVDO Rev A yang memungkinkan upload hingga 3.1 Mbps dan download hingga 1.8 Mbps. Selain itu hape touch screen ini dapat juga di jadikan modem dan memiliki link langsung ke facebook.

Nikmati kemudahan & kenyaman akses internet dimana saja dengan Hape Dual On GSM- CDMA 3.5G dengan Paket Prabayar Rp 1.360.000 (belum termasuk PPN). Bonus Akses data UNLIMITED untuk 100 hari. Bonus diberikan dengan kecepatan PLATINUM (maks Download 3.1 Mbps dan Upload maks 384 Mbps).

Bagi profesional yang mobile dan membutuhkan akses internet cepat? hadir solusi dari smart, hape all in one, Windows Phone EVDO N75 (bacanya pakai bhs indonesia aja N tujuh lima)yang memiliki semua yang Anda butuhkan untuk kenyaman berkerja dengan kecepatan download hingga 3.1 Mbps.

Microsoft Windows Mobile Professional 6.1, Office Mobile, Office dan PDF Reader, wifi, bluetooth, serta GPS hanya beberapa alasan mengan kami sebut hape ini All in one! Windows Phone ini juga dilengkapi dengan kamera 3.2 MP dengan auto fokus, tombol QWERTY, FM Radio dan layar sentuh untuk kemudahan Anda.

Sekalipun sudah diluncurkan layanan EVDO Rev B, bukan berarti teknologi generasi sebelumnya mereka tinggalkan. Smart Telecom tetap mengoperasionalkan teknologi EVDO Rev A. yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain menyediakan jaringan mobile broadband, Smart juga menyediakan berbagai device untuk menikmati akses internet berkecepatan tinggi.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

  1. […] Sumber artikel : https://technomobile.wordpress.com/2010/02/01/evdo-rev-b-babak-baru-dalam-jaringan-broadband-cdma-2/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: