The 1st Gadget's TV Magazine

Smart Telecom Kenalkan Teknologi Broadband EVDO Rev B

In Hot Info on January 28, 2010 at 11:18 am

smartDunia telekomunikasi di Indonesia bertambah marak dengan hadirnya jaringan internet pita lebar berbasis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) Evolution Data Optimized (EVDO) Rev B telah hadir untuk kali pertamanya  secara komersial di dunia melalui Bali, Indonesia. Layanan yang diselenggarakan oleh operator seluler CDMA Smart Telecom ini mempunyai kecepatan akses data yang luar biasa. Seperti apa kehebatan teknologi EVDO Rev B ini ?

Kebutuhan manusia akan jaringan akses internet yang handal, stabil dan memiliki kecepatan yang luar biasa, kini tidak dapat dihindarkan lagi. Berbagai jasa penyedia layanan jaringan internet dari waktu ke waktu terus berbenah dan memperbaiki sistem jaringan internet yang ada hingga dapat menghasilkan kecepatan akses data yang memuaskan. Lebih dari itu, kedepannya operator telekomunikasi harus menyesuaikan model bisnis, mengadopsi intelligent system dan menyertakan tekonologi masa depan untuk menyesuaikan dengan pertumbuhan luar biasa mobile broadband.
Potensi keuntungan dari mobile broadband tak hanya sekadar keluasan bandwidth. Pada masa depan, teknologi mobile diproyeksikan bakal mewujudkan suatu sinergi antara para pengguna. Terutama dalam mencipta, mengakses, dan berbagi informasi dalam aktivitas sosial dan gaming, dimanapun, kapan saja, dalam sebuah dunia yang terliputi jaringan mobile.

Para pelaku dalam industri ini memperkirakan, bahwa jumlah pelanggan mobile broadband akan mencapai lebih dari 2 miliar, termasuk tambahan 80 persen pelanggan baru, dalam lima tahun ke depan. Melihat potensi tersebut, semua operator telekomunikasi seharusnya mampu menangani pertumbuhan lalu lintas mobile broadband supaya berimbas positif terhadap peningkatan penghasilan yang proporsional.

Smart Telecom selaku penyedia jasa operator seluler CDMA di Indonesia sangat memahami akan keadaan ini. Melihat dari agresifnya pemakai data khususnya bertambahnya pelanggan yang semakin mempercayai layanan data dari Smart, Smart telah berhasil melakukan uji coba untuk teknologi Revision B atau Rev B. Yaitu jaringan internet pita lebar berbasis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) Evolution Data Only (EVDO) yang merupakan pengembangan dari teknologi generasi sebelumnya.

EVDO Rev B merupakan pengembangan dari jaringan EVDO Rev A yang menawarkan kecepatan maksimum 9,3 Mbps untuk mengunduh data (download) dan 5,4 Mbps untuk meng-upload data. Melalui jaringan EVDO Rev A yang juga diselenggarakan Smart, kecepatan maksimum yang ditawarkan hanya sampai 3,1 Mbps untuk download dan 1,8 untuk upload. Dengan Rev B, internet broadband jadi lebih cepat tiga kali lipat dibanding Rev A.

Rev B adalah langkah evolusi Rev A yang terdiri dari upgrade software yang menggabungkan beberapa EV-DO Rev A channel untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk pengiriman multimedia, pengiriman data dan VoIP berbasis layanan bersamaan. Rev B dibangun di atas efisiensi Rev A dengan memperkenalkan konsep bandwidth secara dinamis.

Uji coba jaringan internet pita lebar berbasis teknologi EVDO Rev B ini berhasil dilaksanakan pekan lalu di Bali dengan menggunakan  2 carrier yang akan diupgrade menjadi 3 carrier. Hebatnya lagi, jaringan internet pita lebar ini hadir secara komersial untuk kali pertamanya di dunia melalui Bali, Indonesia.

Saat ini, layanan Rev B baru diselenggarakan di Bali dengan cakupan jangkuan sekitar 60% dari BTS Smart yang ada di Bali. Seluruh area Bali baru akan terlayani semua di akhir kuartal pertama 2010 ini. Setelah Bali, Smart rencananya akan melebarkan coverage Rev B ke 32 kota yang sebelumnya telah digelar Rev A hingga akhir tahun.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: