The 1st Gadget's TV Magazine

Jajaran E-Book Reader Baru

In Hot Info on January 25, 2010 at 8:10 am

iliadJaman sudah berubah. Bila dulu orang membaca dan menulis dengan media kulit binatang, daun, batu, hingga kertas. Tetapi revolusi bidang baca-tulis ini masih dianggap kurang praktis. Terakhir yaitu buku yang dicetak dengan bahan baku kertas mulai dianggap usang, juga sarat akan isu lingkungan karena harus mengorbankan pohon dalam jumlah besar untuk menghasilkan bahan baku kertas. Selain itu, buku dalam format cetak juga sudah dianggap tidak praktis. Bisa dibayangkan betapa repotnya ketika kita liburan atau dalam perjalanan naik pesawat harus membawa beberapa judul buku favorit kita. Tapi seiring dengan revolus digital yang berkembang saat ini, berapapun jumlah buku best seller atau suratkabar yang ingin kita dilahap tidak menjadi soal. Pasalnya beberapa perusahaan penghasil buku digital kini telah menelurkan piranti e-book reader yang sangat memudahkan bagi para pecinta buku. Produsen ebook reader yang cukup menonjol saat ini antara lain : Amazon, Sony, IRex Technologies serta eBook Fiction Wise Co.

1. Kindle DX kindle-dx1

Amazon.com mulanya dikenal sebagai portal penjual buku terbesar di dunia. Setelah sukses dengan usahanya itu, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu melihat peluang untuk menerbitkan piranti digital yang mampu menampung ratusan bahkan ribuan judul buku dan majalah dalam satu genggaman bernama Kindle DX. Dengan dimensi 26,4 x 18,3 x 0,9 cm dan berat 18,9 ons, Kindle mampu menampung sekitar 3.500 judul buku dalam format file PDF, HTML, Word, Plain Text, MOBI. Bisa dibayangkan, dengan ukuran sebesar itu Yang menarik, gadget seharga US$ 489 atau sekitar Rp 5 juta ini memiliki ukuran layar sebesar 24,7 cm persegi, otomatis putar tegak dan mendatar serta menyediakan fasilitas harian The New York Times, Wall Street Journal, The New Yorker, Time secara cuma-cuma melalui koneksi broadband 3G. Dengan kapasitas penyimpanan baterai hingga 3 hari, lebih dari cukup untuk menemani perjalanan atau liburan Anda. Capek membaca atau butuh hiburan dikala membaca, Kindle DX dilengkapi dengan fitur pemutar musik digital, MP3. Tapi sayangnya Kindle ini masih mahal, dan hanya bisa dipakai di Amerika Serikat.

2. PRS-500 sony-reader-prs-50021

Raksasa elektronik Jepang Sony tidak mau ketinggalan dalam menggarap pasar e-book reader. Berbekal gadget PRS-500, Sony mengklaim produknya mampu menampung 80 judul buku dengan memori 64 megabyte dengan format file : BBeB Book, HTML, Word, Rich Text Format, Plain Text. Ukuran dan bentuknya cukup ringkas dan praktis untuk untuk dibawa-bawa, yaitu hanya 17,5 x 12,5 x 1,3 cm dengan berat 9 ons. Sony PRS-500 bisa berjalan di OS di Linux, Mac, dan Windows dengan menggunakan libprs500. Program tersebut juga mampu mendownload berita terbaru dari aneka sumber berita, dan memasukkannya ke Sony Reader secara otomatis. Dengan fitur itu, rasanya jadi seperti membaca koran sungguhan. harganya cukup murah, dengan fitur tambahan MP3 melalui headphone, gadget ini dibandrol US$ 280 atau bila dikurskan dalam rupiah sekitar Rp 2,9 juta.

3. iLiad irexiliadreader0031

IRex Technologies termasuk produsen yang percaya akan masa depan e-book. Karena itu IRex berani melempar produk e-book readernya dengan nama iLiad. Produk ini mempunyai layar 8,1 inch atau 21,6 x 15,5 x 1,6 cm dan 400Mhz xscale processor, dengan 256MB internal dan dapat diexpand dengan CF/MMC hingga 8GB. Beratnya tidak lebih besar dari Kindle DX, atau hanya 13,7 ons. Tapi sayangnya piranti sebarga US$ 699 atau sekitar Rp 7 juta ini baterainya hanya mampu bertahan selama 15 jam. Kelebihan dari iLiad terletak pada tampilan layar sentuh 16 skala warna, serta koneksi WiFi 802.11 b/g dan kartu Ethernet. Dengan kelengkapan fitur speaker MP3, gadget ini mampu menampung file berformat HTML, Plain Text, PDF.

4. eBookwise-1150 big_ewreader1

Tidak mau ketinggalan dengan vendor lainnya, eBook Fiction Wise Co. juga mengenalkan e-book reader mutakhirnya, eBookwise-1150. Jika dibandingkan dengan 3 piranti e-book reader lainnya, harga eBookwise-1150 jauh lebih terjangkau atau cuma berharga US$ 140 atau Rp 1,5 juta. Dengan kapasitas memori 64 megabita, perangkat ini mampu memuat sekitar 100 judul buku. Ukurannya cukup ideal, yaitu 12,7 x 19 x 3,8 cm dengan berat 18 ons. Hampir sama dengan iLiad, baterai eBookwise-1150 hanya mampu bertahan dalam 15 jam dengan tampilan layar 16 skala warna. Perangkat ini mampu menampung file dalam format HTML, Word, Rich Text Format, Plain Text, Rocket eBook dengan koneksi modem 33,6 kilobita per detik tanpa fitur tambahan seperti pemutar musik/audio MP3.

Perluas pengetahuan Anda seputar dunia gadget dalam “Gadget+” yang dapat Anda akses melalui ponsel (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: