The 1st Gadget's TV Magazine

Toko Aplikasi, Tren Baru Persaingan Antar Vendor Raksasa

In Application on January 6, 2010 at 3:10 am

[Techno & Mobile, Jakarta] Toko aplikasi atau app store dipredisiksi bakal menjadi garda depan yang sangat menentukan jatuh bangunnya industri ponsel dunia. Betapa tidak? Ponsel cerdas jaman sekarang rupanya sangat bergantung dengan suplai aplikasi yang memudahkan kebutuhan akan fitur-fitur baru dan sesuai dengan pribadi pengguna ponsel, juga membuat distingsi penggunaan aplikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya.

Setidaknya untuk saat ini sudah terdapat 3 buah app store yang dikembangkan oleh raksasa ponsel dunia. Yaitu iTunes milik Apple, Blackberry punya App World, dan Ovi Store yang menyuplai kebutuhan aplikasi ponsel Nokia. Yang menarik, konten app store ini tidak dimonopoli oleh pengagasnya saja, tapi juga melibatkan ratusan ribu hingga jutaan pengusaha warehouse atau content provider.

Apple iTunes

Kelahiran iPhone telah diprediksi bakal merubah landscape bisnis ponsel dunia secara radikal. Didukung engine yang mumpuni, kapasitas media simpan yang besar, dan fitur-fitur canggih membuat pengguna ponsel ini sangat leluasa menanamkan berbagai apklikasi didalamnya. Sebagai jawabannya, Apple lalu membuka gerai online yang menyediakan puluhan hingga ratusan ribu aplikasi gratisan maupun yang berbayar.

Aplikasi iTunes merupakan aplikasi yang paling banyak di-download (unduh) pelanggan Apple. Sampai sekarang sebanyak 85.000 aplikasi lebih ditawarkan iPhone dan iPod Touch. Dari aplikasi yang ditawarkan pelanggan telah men-download dua juta aplikasi dari App Store sekarang. Sementara itu penjualan aplikasi Apple lewat App Store dinilai menunjang peningkatan penjualan iPhone pada musim panas 2008. Hal ini dapat diikuti vendor lain.

Blackberry App World

BlackBerry App World merupakan layanan bursa aplikasi yang baru disediakan Research In Motion (RIM), produsen BlackBerry asal Kanada. Layanan ini menyediakan bermacam aplikasi yang khusus dibuat untuk perangkat BlackBerry. Misalnya game, jejaring sosial, hiburan, dan jenis aplikasi lain baik berbayar maupun yang disediakan cuma-cuma. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan buatan pihak ketiga yang memanfaatkan API (application programming interface) BlackBerry.

Di dalam BlackBerry App World, pengguna akan secara otomatis ditampilkan katalog aplikasi yang sesuai tipe BlackBerry yang digunakan. Selanjutnya, pengguna dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang dibutuhkannya, baik melalui jaringan akses data selular maupun Wi-Fi.

Nokia Ovi Store

Sekalipun dikenal sangat mendominasi penjualan ponsel dunia, tapi langkah Nokia membuka app store terbilang lambat dari para pesaingnya. But, better late then never. Mengejar ketertinggalan tersebut Nokia membuat gebrakan dengan toko aplikasi yang ia namakan dengan Ovi Store. Langkah pertama, Ovi menyediakan 20.000 jenis aplikasi. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah toko baru.

Memang angka ini masih jauh jika dibandingkan dengan Apple Store yang sudah lebih dulu hadir dengan konten mendekati angka 100.000 jenis aplikasi yang siap diunduh oleh penggunanya. Di Ovi Store ini, tersedia serangkaian aplikasi untuk game, ringtone, video dan musik untuk N-Gage.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: