The 1st Gadget's TV Magazine

The Best Computer 2009

In Netbook, Notebook, PC Desktop on January 1, 2010 at 1:50 am

[Techno & Mobile, Jakarta] Sejarah tercetak dengan manis sepanjang tahun 2009, dimana apa yang tadinya sulit untuk terjadi, akhirnya terjadi sudah. Beberapa tahun silam muncul pertanyaan dari berbagai kalangan, akankah jumlah notebook atau komputer jinjing dapat melampaui jumlah PC desktop ? Keraguan itu terbantahkan. Tepatnya diparuh tahun 2009, jumlah notebook sudah melampaui jumlah PC.

Yang menarik lagi, image komputer jinjing yang mahal juga sudah terdekonstruksi dengan lahirnya netbook, sebuah notebook berukuran mini dengan lebar layar monitor berkisar antara 8,9 hingga 11 inci. Produk ini di tahun 2009 juga jadi primadona baru dan banyak diburu oleh konsumen. Pada sisi lain, komputer desktop PC terus berbenah dengan tampil ramping dan ringkas, sehingga tidak memakan banyak space di rumah. Sekalipun ukuran jadi lebih ringkas, kemampuan engine-nya kian bertambah.

Berikut ini netbook, notebook, dan PC desktop yang cukup populer sepanjang tahun 2009.

The Best Notebook : Lenovo T400S
Tipis dan stylish tidak cukup untuk menjadi ukuran ketika Anda memilih sebuah laptop. Ada parameter lagi yang patut Anda pertimbangkan, yaitu tangguh secara fisik atau tahan banting. Lenovo seri Thinkpad T400s ini diciptakan sebagai komputer jinjing yang ringan, namun tak mengurangi performanya.

T400S memiliki layar berukuran 14 inci pertama yang beratnya tak sampai 2 kilogram. Notebook ini dibekali top cover roll cage generasi kedua yang diperkenalkan pertama kali pada X300. Roll cage dari bahan fiber diperkuat monocoque carbon ini membuatnya sangat ringan juga lebih kokoh.

The Best Netbook : Toshiba Portege T110
Mungkin lima tahun lalu tidak terbayangkan ada komputer jinjing dengan harga yang terjangkau untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Tapi keraguan itu terjawab dengan hadirnya netbook, yakni notebook berukuran mini. Toshiba seri Portege pada dasarnya diciptakan untuk segmen profesional yang membutuhkan notebook ringan dan berkinerja optiomal.

Toshiba T110 yang berlayar 11,6 inchi dilengkapi juga dengan DDR3 1066MGz 1 MB (maksimal 4MB), grafis intel GMA4500M, hardisk SATA 250GB.

The Best PC Desktop : Asus EEE Box
Pesatnya teknologi membawa perubahan drastis pada dunia IT, terutama dari segi fisik yang kini makin minimalis. Seperti Eee Box, PC mini yang dikeluarkan oleh Asus. Perangkat ini adalah salah satu contoh produk yang merebut minat konsumen karena desainnya yang cenderung minimalis.

Fitur yang cukup menarik adalah disediakannya monitor mount yang dapat berfungsi sebagai ‘penghubung’ antara PC ini dengan layar monitor sehingga body PC ini akan menempel tepat di belakang layar monitor. Ia dibekali dengan prosesor Intel Atom N270 yang didukung dengan pemasangan memory berkapasitas 1 GB dan hard disk berkapasitas 80GB. Dibanding desktop ukuran penuh, Eee Box mampu mengurangi konsumsi listrik hingga 90%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: