The 1st Gadget's TV Magazine

Buyers Guide : Line Up Konsol Games

In Console Games on November 26, 2009 at 10:27 am

Fenomena game online sebagai gaya hidup di berbagai belahan dunia saat ini cukup mencengangkan. Aktivitas bermain game online disinyalir dapat mengalahkan keberadaan situs-situs pertemanan popular seperti Facebook, Twitter, Friendster dan Multiply, maupun website yang menyediakan video online.

Kegemaran orang bermain games juga tidak terlepas dari inovasi dan penyempurnaan produk yang dilansir para vendor konsol games.

Nintendo Wii
Jika ada konsole games yang mampu mengubah paradigma bermain games secara revolusioner adalah Nintendo Wii jawabannya. Selama ini orang bermain games, secara fisik, cenderung pasif dan statis menatap monitor. Tapi dengan hadirnya Nintendo Wii, orang jadi lebih dinamis, atratif dan berkeringat saat bermain games. Maklum saja, konsole games satu ini memang sangat mengandalkan sensor gerak sang pemain. Misalnya kita bermain golf, tenis atau bowling, maka gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pemain selayaknya kita bermain olahraga tersebut dengan gerakan sebenarnya.

Belakangan, vendor asal Jepang itu melansir versi terbaru yang diberi nama Wii Fit Plus. Konsol ini memungkinkan pengguna untuk berkompetisi dengan lawan main melalui internet. Selain itu, sejumlah game bisa dijadikan media berolahraga yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan cara bermain. Wii Fit Plus memiliki fitur lebar bahu “balance board” yang bisa digunakan untuk memonitor berat badan dan bisa dimanfatakan untuk beragam latihan olahraga dan variasi game. Seri game terbaru ini lebih memiliki ketepatan dalam pengukuran, sehingga bisa dipergunakan untuk memonitor tingkat kesehatan seseorang dengan lebih akurat.

Wii berbunyi seperti “We” yang menekankan bahwa console berharga sekitar 2,5 juta rupiah ini adalah untuk semua orang. Wii sangat mudah untuk diingat oleh orang-orang diseluruh dunia, apapun bahasa mereka. Tidak akan ada kebingungan. Wii sudah menjadi konsol paling favorit atau disukai oleh generasi remaja saat ini, terjual lebih dari 50 juta unit dan menjadikannya contoh bagi Sony dan Microsoft untuk menerapkan teknologi sensor gerak pada stiknya masing-masing.

Sony PSP GO
Salah satu produsen konsol game yang paling produktif dan inovatif saat ini adalah Sony dengan produknya PlayStation atau PS. Sejak kali pertama diperkenalkan PS sudah memaski generasi ketiga. Untuk variannya selain PS, ada PlayStation Portable dan PlayStation Portable GO. Varian terakhir dilurncurkan untuk menandingi popularitas pesaingnya yaitu Nintendo DSi yang sudah dipasarkan bulan April lalu.

PSP Go adalah konsol game yang lebih ringan dan lebih ramping dibandingkan dengan handheld PSP sebelumnya. Lebih ringkas karena dari segi fisik, desain PSP Go dibuat dengan model sliding. Panel navigasinya muncul begitu bagian layarnya digeser tidak seperti PSP standar yang bentuknya memanjang dengan panel navigasi di kanan kiri layar. Ia memiliki layar 3,8 inci, bobot yang 43 persen lebih ringan daripada PSP-3000, memori flash berkapasitas 16 GB, mendukung koneksi Bluetooth, dan semua konten digital yang terkandung dalam cakram Universal Media Disk (cakram yang digunakan PSP).

Sony menjual PSP Go di bulan Oktober kemarin dengan harga Euro 249 (sekitar Rp 3,6 juta) di Eropa, dan dibanderol seharga US$ 249 (Rp 2,5 juta) di Amerika Utara. Di Indonesia, PSP Go dibandrol pada kisaran harga Rp 3,599 juta.

PC Games
Bermain games tidak selalu dengan konsole game. Jika Anda tidak memiliki konsol, maka pilihan yang realible adalah main games di PC atau personal computer. Dari games yang paling sederhana hingga games 3 dimensi, semua dapat dioperasikan dalam PC. Bahkan belakangan, notebook sudah mampu menjalankan games yang membutuhkan memori besar dan prosesor bertenaga yang kemampuannya setara dengan PC.

Memang ada kelebihan dan kelemahan bermain games di PC. Yang pertama adalah masalah kepraktisan. Konsol lebih praktis dan tidak memerlukan sistem operasi untuk konfigurasi kesesuaian untuk update driver untuk mengetahui bahwa game kompatibel atau tidak dengan sebuah PC. Multiplayer game juga mudah dilakukan sekarang ini dengan bantuan vendor seperti Microsoft yang menawarkan layanan online untuk produk mereka. Begitu juga dengan Xbox yang dilengkapi dengan sebuah network card untuk koneksi via Internet lengkap dengan voice chat.

Sebaliknya, konsol adalah mesin dengan kesatuan yang tidak sederhana, ketika beberapa komponen rusak, tidak ada cara untuk memecahkan masalah tanpa harus mengganti seluruh konsol. Dan yang pasti sulit untuk melakukan upgrade terhadap konsol. Kemudian konsol tidak fleksibel dan hanya dapat digunakan untuk bermain game, sementara PC dapat digunakan sebagai mesin yang multifungsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: