The 1st Gadget's TV Magazine

Membangun Solidaritas Lewat Jejaring Sosial Maya

In Social Networking on November 16, 2009 at 9:51 am

Jejaring sosial maya yang semula digunakan sebatas menjalin ikatan diantara teman, sahabat dan keluarga, kiranya kini punya peran lebih. Situs pertemanan seperti Facebook dan Twitter, harus diakui punya jasa besar dalam membangun solidaritas kebersamaan. Ketika Jakarta diguncang bom pertengahan Juli lalu, solidaritas kemanusiaan Indonesia Unite seketika terbangun lewat Twitter dan Facebook. Begitupun ketika bencana gempa menimpa saudara-saudara kita di Sumatera Barat, aksi simpati dan solidaritas cepat terjalin lewat jejaring sosial maya.

Terakhir yang masih hangat dalam ingatan kita, dan hingga kini masih bergulir adalah aksi solidaritas dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hingga berita ini diturunkan, sudah lebih dari 1 juta pengguna Facebook tergabung dalam aksi menentang kriminalisasi terhadap KPK. Aksi mereka kemudian tidak sebatas pada ranah digital belaka. Secara dramatis, akhir pakan lalu mereka berkumpul menyuarakan dan memperjuangkan keadilan dan memberantas tuntas korupsi dari negeri yang bernama Indonesia.

Bermula dari jejaring sosial maya, kemudian menjelma secara mengagumkan menjadi people power! Inilah era online mutakhir, dimana setiap individu kini memiliki kekuatan penuh untuk menyuarakan ide dan gagasannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: