The 1st Gadget's TV Magazine

Buyers Guide for Smartphone

In Uncategorized on November 1, 2009 at 2:18 am

Berkah keberhasilan negara ini lolos dari krisis keuangan global, adalah tumbuhnya roda perekonomian serta meningkatnya kesejahteraan rakyatnya. Salah satu indikator keberhasilan ini adalah meningkatnya daya beli masyarakat akan produk telekomunikasi canggih atau smartphone.

Begitu mudah kita menemukan profesional muda, pebisnis, ibu rumah tangga hingga anak remaja di kota-kota besar menenteng ponsel canggih seperti Blackberry, iPhone, dan ponsel merek lain untuk level high end. Buyers Guide Techno & Mobile akan menyuguhkan kilasan singkat smartphone yang tengah digandrungi oleh masyarakat kita saat ini.

Blackberry (Bold, Storm, Javelin, Gemini)

Harus diakui, salah satu brand smartphone yang tengah naik daun dan digandrungi oleh masyarakat perkotaan adalah Blackberry. Apapun serinya –baik itu Bold, Storm, Javelin, atau Gemini– dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan penjualannya sangat mencengangkan, dengan pertumbuhan pengguna Blackberry atau BB tertinggi di dunia! Para pejabat RIM (Research In Motion) –-produsen Blackberry yang berlokasi nun jauh di Ontario, Kanada sana-– sampai tertegun-tegun, bahwa ada ledakan populasi pengguna BB disebuah negeri katulistiwa bernama Indonesia.

Harus diakui, smartphone ini memang punya berbagai keistimewaan. Antara lain terdapat push email, dimana pengguna dengan sangat mudah menerima dan mengirim email layaknya pesan singkat (SMS), serta paket berlangganan internet yang tidak terbatas penggunaannya. Ini sangat memudahkan dan meringankan penggunanya dalam melakukan aktifitas browsing internet sampai instant messeging. Selain itu desainnya sangat stylish dengan keyboard full QWERTY memudahkan pengguna dalam menulis pesan singkat atau panjang.

Range harga antara 4 – sampai 7 juta rupiah tidak menjadi soal. Semua seri BB terserap pasar dengan mudah. Belakangan sejumlah operator seluler berlomba-lomba meluncurkan seri terbaru yaitu Gemini (Curve 8520). Diprediksi ponsel yang dibandrol pada kisaran harga 3,5 juta rupiah itu bakal meledak di pasaran dan menjadi penantang serius Nokia seri E63 dan E71 yang lebih dahulu beredar.


Nokia
(N97 & E72)

Sebagai kampiun ponsel di dunia, Nokia punya sederet kisah sukses dengan produk-produk high end atau smartphone. Setelah berhasil meraup pasar ponsel cerdas beberapa tahun lalu dengan seri Communicator, kini Nokia menggelar produk smartphone barunya, yaitu seri E72 dan N97.

Dengan mempertahankan elemen penting dari kakak kandungnya E71 dan E75, Nokia Indonesia meluncurkan keluarga terbaru E series QWERTY, Nokia E72. Tak dapat dipungkiri pula, seri terbaru ini meningkat kemampuannya. Lebih update, lebih elegan.

Nokia E72 merupakan perangkat berperforma tinggi yang sesuai untuk kelancaran bisnis dan komunikasi pribadi. Pengguna dapat menikmati juga dukungan instant messeging/chatting dari YM, ICQ, OviChat & AIM. Tidak mau kalah dari Blackberry, ponsel ini juga dapat menerima push email dengan dukungan Microsoft Mail for Exchange dan IBM Lotus Notes Traveler – dan dengan Nokia Messaging pra-instal, dapatkan akses cepat hingga ke 10 account email pribadi.

Bila E Series ditujukan pengguna korporat, Nokia juga merilis seri yang full entertainment, yaitu N97. Sejatinya seri ini sengaja dibuat untuk membendung kedigdayaan Blackberry Storm dan juga iPhone, ponsel briliant buatan Apple. Bagaimana tidak, user bila memanfaatkan teknologi touchscreen sekaligus keyboard QWERTY yang terdapat di dalamnya. Selain itu juga sudah dilengkapi oleh teknologi Wi-Fi, GPS, FM transmitter, kamera 5 megapixel dan memori internal sebesar 32GB. Dengan kapasitas sebesar itu, kita dapat memasukkan berbagai aplikasi hiburan sampai aplikasi kantoran.

Apple iPhone (3G & 3GS)

Bila superstar kehadiran sangat dinantikan oleh para penggemarnya, iPhone juga dinanti dengan penuh debar oleh para produsen smartphone lainnya. Maklum saja, ponsel genius besutan perusahaan komputer Apple itu dari berbagai aspek akan menjadi barometer smartphone yang punya visi ke depan. Desainnya sangat futuristik dengan meminimalisir fungsi tombol, alias memanfaatkan teknologi full touch screen. Dan asal tahu saja, sejauh ini sudah banyak vendor menduplikasi desain iPhone yang sangat stylish itu.

Sejak dirilis tahun lalu, iPhone terus mengalami perbaikan dengan meluncurkan seri 3G dan 3GS. Dibandingkan iPhone versi sebelumnya, iPhone 3GS dilengkapi hardware baru. Prosesor lebih cepat dan pilihan kapasitas memori dua kali lipat. Daya tahan baterainya juga lebih lama. Dilengkapi kamera 3 megapixel yang dapat dipakai untuk melakukan rekaman video dan langsung mengeditnya di perangkat tersebut.

Bahkan Apple mengklaim bahwa kemampuan membuka aplikasi dan membuka halaman web pada iPhone 3GS mencapai dua kali lipat daripada iPhone 3G. iPhone 3GS tersedia dalam dua model dengan pilihan memori 16 GB dan 32 GB dan warna hitam atau putih. Tapi sayangnya, belum diketahui harga dan kapan iPhone 3GS ini dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: