The 1st Gadget's TV Magazine

Nokia Life Tools : Mengikis Kesenjangan Digital di Negara Berkembang

In Hot Info on October 28, 2009 at 2:11 am

Menjadi market leader di pasar ponsel tak membuat pihak pabrikan nokia berpuas diri. Setelah sukses dengan Ovi Mail-nya, pabrikan asal Finlandia itu kini meluncurkan piranti lunak Nokia Life Tools yang tertanam dalam ponsel Nokia. Program yang baru pertama kali diluncurkan pertengahan Oktober ini meraih respon positif di negara bagian Maharastra, Mumbai – India.

Sinergy dengan penyedia jasa dan jasa operator, membuat program ini sangat dirasakan manfaatnya dalam peningkatan kesejahteraan penduduk yang mayoritas  petani di India dan sebagai negara terpadat kedua di dunia.

Karena fokus kepada pemberdayaan masyarakat kecil, maka program Menu Browser berbasis SMS ini pun, sudah bulit in didalam handphone entry level, yaitu Nokia 2323 classic dan 2330 classic dengan program aplikasi yang simple dan user friendly untuk pemakainnya. Bukan itu saja, untuk negara multi Etnis seperti India, bahasa dan tulisannya pun disesuaikan dengan lokasi di mana petani itu berada.

Nokia Lifetools mempunyai 3 layanan servis utama yaitu:  layanan pertanian, layanan pendidikan dan layanan entertaiment. Pada layanan pertanian dengan harga paket langganan bulanan yang relative terjangkau, yaitu program premium 60 rupe/bln, atau sekitar Rp 15.000, petani sangat terbantu dalam melihat laporan cuaca, pola tanam, tips pertanian, sampai harga pasar komoditi yang di update tiap hari dengan cakupan tingkat pedesaan.

Pada layanan pendidikan program edukasi bahasa Inggris dengan tingkatan basic, intermediate, advance sangat membantu pemberdayan masyarakatnya dan meningkatkan sektor periwisata, mengingat India sebagai negara yang tidak mempunyai bahasa resmi.

Pada layanan entertaiment mendapatkan informasi mengenai berita , astrology, sport, ringtone dan info umum lainya. Dengan tag line: Inform, Involve and Empower, Nokia Life Tools dikembangkan untuk membantu meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta kesenjangan digital di pasar negara berkembang.

Kapan program ini dapat diaplikasikan di indonesia ? Kita tunggu dalam waktu dekat ini. Techno & Mobile melaporkan dari Mumbay, India.

  1. cara mengsetting hp nokia 2330 classic sebenarnya gmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: