The 1st Gadget's TV Magazine

Buyers Guide : Antara Camcorder Sony dan Canon

In Camcorder on October 18, 2009 at 4:24 am

Memilih piranti rekam gambar gerah atau camcorder kini jauh lebih mudah. Selain menawarkan banyak pilihan merek, fitur terbaru selalu disuguhkan untuk memudahkan pengguna dengan terus meningkatkan kualitas gambar yang direkam. Di tanah air, ada dua brand yang cukup  mendominasi pasar camcorder, yaitu Sony dan Canon. Dan belum lama ini mereka merilis seri terbarunya, yaitu Sony Handycam® HDR-CX12 dan Canon HF11.

Sony Handycam® HDR-CX12
Untuk kali pertama di dunia, Sony memperkenalkan camcorder AVCHD dengan Teknologi Smile Shutter dan Face Detection. Melalui seri Handycam® HDR-CX12, dianggap sebagai camcorder dengan performa tinggi yang memiliki perekaman video Full HD dan dapat mengambil photo berkualitas sebesar 10.2 megapixel.

Berdasarkan teknologi encoding AVCHD, HDR-CX12 dapat menghasilkan hasil rekaman 1920 x 1080i Full HD yang memukau dan gambar photo berkualitas 10.2 megapixel.
Sebagai camcorder pertama di dunia dengan teknologi Smile Shutter, HDR-CX12 dapat mendeteksi senyuman pada saat merekam suatu adegan video dan secara otomatis akan mengambil foto dari adegan tersebut. Pengaturan sensitifitas senyuman dan prioritas senyuman memungkinkan penggunanya untuk mengatur tingkatan pendeteksian senyuman dan fokus pada subyek.

Camcorder ini juga memiliki Optical SteadyShot yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil video yang bebas anpa harus mengurangi kualitas gambar. Selain itu, mesin olah gambar BIONZ mendukung teknologi Face Detection yang secara otomatis akan mengoptimalkan fokus, exposure, dan warna kulit pada saat pengambilan gambar diam dan gambar bergerak.

Smooth Slow Recording yang dapat merekam hingga 240 fps (fields per second) memungkinkan penggunanya untuk merekam video berdurasi tiga detik sebagai sebuah video bergerak lambat sepanjang 12 detik yang halus. Fungsi Dual Recording memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar photo berkualitas 7.6 megapixel pada saat sedang merekam video HD.

Canon HF11
Berbeda dengan Sony Handycam® HDR-CX12 yang mengandalkan fitur deteksi senyuman pada saat merekam suatu adegan video dan secara otomatis. Canon HF11 lebih menonjolkan kemampuan rekam tercepat. Dengan didukung teknologi definisi tinggi penuh dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan lensa sensor CMOS Canon yang memiliki resolusi 3,31 megapiksel, camcorder ini memiliki kemampuan merekam gambar dalam format AVCHD dengan kecepatan 24 megabit per detik, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai camcorder saat ini. Sementara, camcorder sejenis hanya berkecepatan maksimal 17 Mbps.

Untuk menyimpan hasil rekaman, Canon HF11 dibekali media memori flash berkapasitas 32 gigabita, plus kartu SD/SDHC untuk memori eksternal. Dengan kapasitas tersebut, HF11 mampu merekam gambar dengan durasi sampai adalah 12 jam 15 menit untuk merekam.

Canon memasang jenis baterai intelligent lithium ion, yang tidak berbeda dengan baterai lithium ion standar. Tapi baterai jenis ini menampilkan informasi daya tahan baterai dalam satuan menit sehingga memudahkan pengguna dalam mengukur kekuatan baterai.

Fitur lain camcorder berharga Rp 18,1 juta ini adalah PictBridge untuk mencetak foto langsung dari kamera, koneksi HDMI dan terminal AV mini untuk headphone, built-in flash, koneksi USB 2.0, serta pilihan pengaturan cahaya dan audio secara manual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: