The 1st Gadget's TV Magazine

Berebut Pengaruh di Segment Ponsel Musik

In Hot Info on October 3, 2009 at 10:53 am

Persaingan industri ponsel di dunia sudah sedemikian ketat, hingga telah memasuki fase hypercompetition. Pada level ini ponsel sudah terdiferensiasi dan melampaui fungsi utamanya sebagai media komunikasi. Dalam garis besarnya segment ponsel terbagi dalam 3 segmen, yaitu ponsel kamera, smartphone, dan ponsel musik. Meski dalam praktiknya, sering ketiganya bisa terintegrasi dalam satu piranti.

Terakhir jenis ponsel musik mengalami perkembangan yang fantastis. Kemampuan kualitas audionya sudah bisa disetarakan dengan pemutar musik digital seperti. Setidaknya kini ada 3 ponsel musik yang menonjol dipasaran. Mereka adalah Nokia N5730 XpressMusic, Sony Ericsson W995, dan LG GM200.
Dalam tradisi Nokia, brand xpress musik sudah sangat lekat dan terus mengalami pembaruan. Yang menarik, terobosan yang dilakukan Nokia pada segi desain. N5730 adalah ponsel musik yang memiliki keypad Qwerty untuk memudahkan penggunanya melakukan interaksi ke jejaring sosial (social networking). Desain yang dikembangkan sangat atraktif, sehingga lebih cocok dengan kalangan muda atau kalangan yang berjiwa muda.

Sedangkan SonyEricsson sebagai pelopor ponsel musik memiliki statement yang jelas pada desain produknya. Lifestyle menjadi ciri khas SonyEricsson di setiap produknya. Namun W995 serasa lebih mengedepankan fungsi khususnya pemutar musik (Walkman). Meskipun menimbulkan kesan ramai pada desainnya, namun tombol-tombol ini secara aktif akan membantu Anda dalam mengoperasikan pemutar musik melalui ponsel ini.

Format desain yang berbeda justru tampak pada LG GM200. Ia memilih tampil dalam balutan minimalis dengan desain candy bar. Beratnya yang 85 gram dan dimensi 106 x 48 x 14.7 mm dipadu desain ergonomis, membuat handphone berlayar LCD seluas 2 inchi dan kedalaman warna 256,000 terasa nyaman dalam genggaman tangan.

Lalu bagaimana dengan kemampuan masing-masing ponsel dalam perkara kualitas audionya ? Karena melekat aspek musik, dengan sendirinya N5730 memang lebih menekankan aspek hiburan, sekalipun ia didukung dengan fitur messaging dan teknologi HSDPA. Seperti seri sebelumnya, terdapat fitur “Say and Play”, jack AV 3,5mm, bundel memori 4GB yang dapat diganti sampai 16GB, serta tombol khusus untuk memutar musik.

Sebagai ponsel musik yang mumpuni, SonyEricsson telah menghabiskan banyak investasinya di pemutar musik, hasilnya pun sangat memuaskan. Suara stereo yang dihasilkan W995 sangat mengagumkan. Dual Speaker dengan 4 inti speaker bekerja dengan optimal. Detail suara pun mampu diperdengarkan dengan sangat apik. Komposisi komponen yang diolah oleh equalizer nya pun menghasilkan kesatuan suara yang prima.

LG yang terbilang pendatang baru di jajaran ponsel musik, bekerja keras menyiapkan kekuatan besar sistem audio. Perhatikan saja pada penempatan dua stereo speaker yang tertanam rapi di kedua sisi tubuh GM200. Keduanya siap menjamu dengan keluaran rentang nada-nada sedang dan tinggi. Sementara di bagian belakang tubuh GM200, LG menanamkan satu buah sub woofer yang bakalan memberi dukungan penuh urusan reproduksi kedalaman dentuman suara bass. Kelengkapan demikian menjadikan pengguna dapat mendengarkan musik dalam nuansa 2.1 channel (2 speaker dan 1 sub woofer) dengan kualitas stereo.

Sekalipun sebagai ponsel musik, bukan berarti ketiga ponsel ini miskin fitur. SonyEricsson menyediakan kamera beresolusi gambar 8.1 Megapixel. Ketika digunakan untuk mengambil gambar dengan pengaturan makro, lensanya mampu menangkap gambar dengan tajam. Tapi sayangnya, kapasitas kamera beresolusi tinggi tidak diikuti oleh Nokia dan LG. N5730 hanya dilengkapi juga kamera 3,2 megapixel dengan flash telah tersedia. Seperti biasa, hasil foto atau video dapat langsung dibagi ke komunitas online seperti Share on Ovi, Flickr, atau Facebook, dengan mudah. Sementara LG cuma dibekali kamera berkekuatan sensor 2MP.

Dengan semua kelengkapan yang menyertai LG GM200, LG Mobile mematok harga yang sangat mengejutkan untuk handphone berkualitas apik ini. Untuk setiap peminat LG GM200, LG Mobile hanya mematok sejumlah Rp 1.349.000 sebagai harga jualnya. N5730 dan W995 masing-masing dihargai sekitar Rp 3,5 juta dan Rp 5 jutaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: