The 1st Gadget's TV Magazine

Pilih Kamera Digital yang Pas Buat Lebaran

In Digital Camera on September 18, 2009 at 10:15 am

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang dirayakan di seluruh dunia. Pada moment tersebut, kesucian dan keceriaan biasanya mewarnai umat Islam yang telah 1 bulan penuh menunaikan ibadah puasa. Selain bermaaf-maafan dan silaturahmi, lebaran biasanya dijadikan momen untuk berekreasi bersama keluarga.

Nah kebahagiaan bersama keluarga ini amat sayang bila dilewatkan begitu saja. Untuk mengabadikan di hari lebaran, dua produsen kamera poket digital menghadirkan dua koleksi anyarnya, yaitu Canon iXUS 100is dan Samsung ST50.

Canon iXUS 100is
Penampilan Canon iXUS 100is sungguh menawan. Stylish, portable dan penuh gaya, mencerminkan performa yang handal sbagai kamera saku digital. Platform dari seri iXUS 100is ini dibuat berdasar Canon IXUS 990 IS yang sempat meraih sukses dipasaran. Bedanya, layar yang dipasang pada IXUS 100 IS ini lebih kecil dan kemampuan optical zoom-nya juga mengalami penurunan. Jadinya IXUS 100 IS ini hanya mampu melakukan optical zoom sampai 3x saja sementara layar LCD yang digunakan hanya berukuran 2,5 inci. Penurunan ukuran layar masih bisa dimengerti namun penurunan kemampuan zoom yang sangat disayangkan.

Kamera dengan kemampuan merekam gambar hingga 12,1 mega pixel ini secara kualitas tidak berbeda jauh dari seri sebelumnya. Gambar terlihat lebih tajam dengan warna yang alami. Bahkan pada area yang kompleks sekalipun gambar masih terlihat cukup detail. Noise hampir tak terlihat kecuali Anda menggunakan ISO 400 ke atas.

Kamera ini dilengkapi dengan fitur anti shake, smart auto mode, face detection yang mampu mendeteksi hingga 35 wajah, beberapa efek digital, blink detection bahkan viewfinder yang biasanya selalu absen pada kamera saku. Tidak ketinggalan, kamera seharga Rp 2,6 juta ini mampu merekam video dalam kualitas high definition.

Samsung ST50
Dengan kemampuan sedikit diatas Canon iXUS 100is, Samsung ST50 yang memiliki resolusi 12,2 mega pixel memang layak disebut kamera tertipis di dunia. Kamera ini hanya memiliki ketebalan 1,7 cm (tanpa perpanjangan lensa). Hingga kini belum ada kamera dengan resolusi tinggi mencapai 12 MP dengan ketebalan seperti Samsung ST50.

Kamera yang lebih dulu muncul di Amerika dengan nama TL100 ini sengaja dihadirkan dalam polesan bodi stainless yang cantik dalam pilihan warna merah, hitam, biru, dan silver. Tersedianya fitur SMART menjadikan kamera ini bekerja secara otomatis sesuai pengaturan yang telah disesuaikan.Pilihan scene atau program menyatu pada fitur SMART yang merupakan modus bidik serba otomatis ini. Uniknya, kesebelas scene terprogram sesuai dengan gaya memotret.

Meskipun terbilang kamera saku yang serba otomatis, engguna dapat mengatur setting secara manual mulai dari pencahayaan, ISO, atau pilihan titik fokus. Memotret bermacam obyek dengan Samsung ST50 memang praktis dan mudah dengan memanfaatkan feature cerdas yang diusungnya. Beberapa feature bidik boleh jadi merupakan inovasi yang menarik, seperti modus “Blink Detection” (yang bisa mendeteksi kedipan mata dan menangkap gambar saat mata terbuka kembali). Setidaknya cara ini akan mencegah kamera merekam orang saat menutup matanya saja. Jika Anda ingin memiliki, kamera ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 2,7 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: