The 1st Gadget's TV Magazine

Moto Q9h vs Samsung i780 : Siapa Jawara di Ponsel Bisnis ?

In Handphone on April 22, 2008 at 5:05 am

Bermain diceruk yang sempit di pasar telepon seluler atau ponsel, banyak dihindari para vendor kenamaan. Tapi tidak demikian bagi Motorola dan Samsung. Dua produsen ponsel kenamaan ini justru tertantang memperebutkan segmen yang sangat sempit, yaitu di pasar ponsel bisnis. Pabrikan asal Amerika Serikat, Motorola punya produk andalan Moto Q9h, sementara vendor asal Korea Selatan, Samsung mengusung seri SGH-i780.

Sebagai pemimpin global dalam bidang komunikasi mobile, Motorola mendesain Moto Q9h yang dilengkapi dengan baerbagai fitur hiburan, produktivitas, dan koneksi kecepatan tinggi dalam dimensi yang tipis dan ramping. Sama dengan i780, Moto Q9h juga menyajikan keyboard qwerty yang memudahkan pengetikan email, pesan SMS, serta catatan atau presentasi. Platform operating system-nya juga sama persis, yaitu menggunakan versi terbaru Microsoft Windows Mobile 6.

Kesamaan kedua ponsel bisnis ini juga terletak pada berbagai fitur standar smartphone, yakni disupport akses internet berkecepatan tinggi, serta koneksi nirkabel. Bicara mengenai kamera, Moto Q9h juga sama dibekali kamera berkapasitas 2 megapixel dengan lampu flash LED dengan kemampuan digital zoom hingga 8 kali. Kesamaan lain diatara kedua ponsel ini adalah sama-sama didukung fasilitas push e-mail baik itu email korporat maupun pribadi.

Dari segi desain dan fitur yang ditawarkan kedua ponsel kelas bisnis ini relatif sama. Ponsel ini tidak punya banyak kelemahan yang menimbulkan komplain dari para pemakainya. Motorola Q9h memiliki display yang menarik dan enak dilihat. Hanya saja SGH-i780 punya sedikit keunggulan dengan terintegrasinya fitur GPS, Goolge Maps dan perangkat lunak navigasi, serta suara jernih yang akan menuntun arah secara jelas. Fungsi ini dapat membantu pengguna menuju tempat tujuan yang benar dengan waktu yang cepat.

Mengingat kekuatan yang mereka miliki relatif sama, lantas bagaimana peluang mereka dalam memperebutkan pasal ponsel bisnis yang sangat sempit ini ? Benarkah ceruk pasar ini masih menjanjikan untuk diperebutkan ?

  1. Berapa harganya samsung ini ya….
    Saya naksir sama Motorola Q9H sih, tapi nggak ragu-ragu pindah kalau Samsung lebih baik. Dari tampang sih kelihatan lebih cakep Samsung… at least layarnya lebih leluasa.

  2. minyaknyongnyong,

    Secara spesifik kedua handset ini relatif sama, meski ada sedikit keunggulan pada Samsung. Kalau bingung, sebaiknya perlu dicoba dan dipegang secara fisik mana yang yang lebih enak dan nyaman digunakan.

  3. Motorola Q9h ini tidak ada WiFi nya ya, susah dong jaman kayak gini gak ada WiFi.

  4. betul… jaman sekarang nggak ada wifi cape deh…

  5. samsung i 780 the best deh, g jg pengguna samsung i 780

  6. hahahah……
    kok smuanyah milih samsung yah???
    saya pengguna Q9h udah 1tahun loh…..
    makin lama pegang inih, rasanya makin cinta deh….
    disamping aksesorisnya gampang dicari (terutama pada battery) kayaknya dia tahan banting juga…
    hehehehe…..
    pernah dilempar anakq sampe mental 1,5meter….
    n… ngga papa dink!!!
    kayaknya saya lebih mantap Q9h…
    Bravo motorola….!!!!!

  7. kan uda dibilang Q9h ga ada wifi

  8. mana yg lebih murah ?

  9. Gw naksir nih ama samsung i780 , bosen pake O2 xda atom

  10. Saya sudah pake Samsung i780
    sangat enak dipake,pas deh buat yang traffic mail nya tingi,hari gini…3 input lagi mouse finger,sytlus sama QWERTY, sip d..
    cuma saya belum coba wifi nya,tolong bantu Saya setting nya donk…

  11. iya bener.. moto q9h lebih enak dipake dibanding i780..
    padahal baru ganti seminggu yg lalu.. tapi makin kesini makin ngerasa nyaman makenya

  12. Saya rasa disini Samsung lebih unggul dibanding Motorola, hanya saja keypad yang dimiliki samsung SGH i780 masih saya ragukan, apakah nyaman atau tidak, karena space yang diperuntukkan bagi qwerty keypadnya sangat sempit.
    So, jika ingin lebih pasti lebih baik rasakan dahulu keypadnya Samsung SGH i780. jika memang nyaman digunakan maka tidak ada keraguan lagi untuk memilih Samsung SGH i 780, terlepas dari kefanatikan terhadap kompetitornya Motorola Q9h.

  13. resolusi layar i 780 nggak lazim deh, gimana intsal aplikasinya

  14. kok g da antivirusnya ya q9h ku… ada yg bs bantu gak?

  15. yaa jelas lah banyak yg milih i780 speknya aja udah beda, harganya beda jauh klo disuruh pilih gratis jelas milih i780 tp klo untuk ergonomis ya Q9H kenapa? speknya aja jelas unggul i780 (wifi-gps-touchscreen-videocall) jadi mnrt gw ini bukan perbandingan yang seimbang…jadi klo ada yg kasih gratis jelas gw pilih i780 :p

  16. Kurasa ini perbandingan nggak seimbang. Harga i780 second aja masih lebih mahal dari Q9h baru.

  17. ni TS nya ga tau apa-apa tentang per -pda- an kok sotoy . 2 handset ini terlalu banyak perbedaannya, sebab itu tidak bisa diperbandingkan.salah satu contoh saja, OS dari keduanya walau sama2 winmo,yang satu standard yang satunya profesional.Beda jauuuuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: