The 1st Gadget's TV Magazine

TV Ponsel antara TV Analog dengan TV Digital

In Handphone on March 24, 2008 at 3:36 am

Kelengkapan fitur ponsel, kian hari kian lengkap saja. Setelah kamera dan GPS, tren ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas televisi, atau yang kita kenal dengan ponsel TV. Yang menarik, justru pabrikan asal China yang membanjiri produk ponsel TV di tanah air, sekalipun Nokia juga punya fitur yang serupa.

Dalam segmen Compare Techno berikut ini, akan kita simak perbandingan antara produk K-Touch V908 dengan Nokia N77. Mana yang paling sesuai dengan Anda…

Kompetisi antar vendor handphone yang menawarkan fitur TV phone, boleh jadi sama serunya dengan persaingan di industri televisi itu sendiri. Bagaimana tidak, tahun ini saja, sejumlah vendor handphone telah menggempur pasar dengan sajian TV ponsel. Ada Nokia, Ki-Touch, Virtu, MY-G, serta Hi-Tech. Seorang pemerhati gadget, Yusuf Mars berani memastikan bila tahun 2008 ini merupakan tahunnya TV ponsel.

Apa yang dilontarkan Yusuf memang benar adanya. Nokia, produsen ponsel nomor wahid di dunia, sudah melansir seri N77 yang dilengkapi dengan fitur andalannya, teknologi Digital Video Broadcasting-Handheld (DVB-H). Yaitu memiliki kemampuan mobile TV yang memungkinkan pemilik ponsel ini menonton televisi secara digital.

Kalau Nokia membenamkan teknologi Digital Video Broadcasting-Handheld (DVB-H) dalam ponsel berdesain candy bar, berbeda dengan K-Touch V908. Pabrikan asal negeri tirai bambu ini justru mengadopsi teknologi yang sederhana, yaitu TV tunner. Fasilitas ini bisa diandalkan pasalnya tayangan TV yang disajikan beberapa stasiun TV dapat dinikmati dengan jelas, asalkan sinyal TV tersebut kuat.

Ponsel dengan fitur lebih berupa sajian televisi sebenarnya cukup menggiurkan. Tapi bagaimana dengan daya tahan baterainya? Apakah bisa cepat terkuras abis hanya untuk nonton TV ?

Selain fitur TV, kedua ponsel ini juga dilengkapi fitur standar seperti, kamera 2 Mpix, video recorder, pemutar file digital, game, browser internet pada Nokia N77. Sedangkan K-Touch V908, selain dilengkapi kamera 1.3 megapiksel, layar 2.8 inchi, teknologi touchscreen, bluetooth, fasilitas Motion Sensor pada audio playernya. Dengan fasilitas tersebut akan memudahkan pengguna memutar playlist lagu MP3 player, hanya dengan menggoyangkan ponsel maka playlist lagu yang dinginkan akan segera berpindah tanpa harus menekan tombol-tombol pada keypadnya.

Sepintas lalu, keduanya sama-sama memiliki kelebihan. K-Touch V908 menyediakan tontonan TV gratis. Hanya saja, untuk sementara ini, fitur digital TV pada Nokia N77 belum bisa dinikmati di Tanah Air, meski kualitas gambarnya setajam video digital.

  1. Kalo buat nonton piala dunia 2010, boleh jg ponsel tv jd cadangan kalo lampu mati:

    http://adit38.wordpress.com/2010/04/13/adu-tiga-ponsel-qwertytv-menjelang-piala-dunia-2010/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: