The 1st Gadget's TV Magazine

Duel Ponsel Musik, Simponi Tiada Henti

In Handphone on March 12, 2008 at 7:14 am

Kompetisi antar vendor ponsel sepertinya tidak pernah berhenti. Belum selesai masa edar seri 5200, 5300, dan 5310, kini Nokia meluncurkan seri 5610 XpressMusic. Sementara Sony Ericsson yang kondang dengan ponsel seri Walkman, kini menyuguhkan produk mutakhirnya, seri W910i. Fitur terbaru apa saja yang disodorkan kedua vendor ponsel ini ? Dan seperti apa kualitas suara yang dihasilkan ?

Konvergensi antara telepon selular (ponsel) dengan alat pemutar musik, yang kemudian melahirkan ponsel musik, telah mengubah cara manusia dalam mendengarkan lagu. Bahkan kini hampir semua vendor ponsel rasanya kurang lengkap bila tidak menyertakan fitur music player pada produknya. Dari sekian banyak vendor, mungkin hanya dua yang serius menciptakan ponsel musik dengan kecanggihan fitur dan kualitas musik yang dihasilkan. Mereka ini adalah Nokia dan Sony Ericsson.

Nokia misalnya, pabrikan asal Finlandia ini tidak pernah puas menciptakan ponsel musik. Belum selesai masa edar seri 5200, 5300, dan 5310, kini mereka melempar produk baru ke pasar dengan seri 5610. Ponsel yang mengusung tagline XpressMusic ini memang layak disebut ponsel musik.

Bila Nokia punya seri 5610 XpressMusic, Sony Ericsson meluncurkan satu ponsel kelas atasnya untuk kelompok walkman. Ponsel anyar seri W910i ini tampil apik dengan desain sliding. Seluruh bodi dibalut dengan bahan metal alloy. Menurut Djunadi Satrio, Senior Manager Product Group Marketing Sony Ericsson Indonesia, ponsel seri Walkman mutakir ini termasuk ponsel musik yang revolusioner, karena ponsel ini membawa teknologi-teknologi yang tidak dimiliki oleh ponsel-ponsel lain sebelumnya.

Dari sisi design, Nokia 5610 sudah menunjukkan siapa dia sebenarnya. Belum lagi tombol khusus seperti shortcut, sangat memudahkan penggunanya. Dengan NaviSlide yaitu tombol khusus untuk pemutar musik, dimana pemakai bisa langsung menekan tombol tersebut untuk memutar dan menghentikan lagu yang ada di playlist-nya.

Tidak mau ketinggalan dari Nokia, Sony Ericsson mengklaim bahwa produk seri walkman mutakirnya telah mengubah cara orang mendengar dan memainkan musik. Melalui fasilitas Shake Control, pengguna ponsel ini dapat mengendalikan pilihan lagu tanpa harus menyentuh tombol menu. Cukup dengan menggerakkan ponsel ke satu arah. Pengguna bisa kembali ke lagu sebelumnya dengan menggerakkan ponsel ke arah sebaliknya.

Disamping Shake Control, Sony Ericsson W910i ini juga dilengkapi dengan fitur SensMe sehingga memungkinkan pengguna mengelompok-ngelompokkan lagu koleksinya berdasarkan kecepatan bit dan juga mood dari lagu tersebut.

Untuk menghasilkan kualitas suara yang bagus, Nokia 5610 tidak hanya mengandalkan kelengkapan fitur musiknya belaka, tetapi juga memiliki chip yang ditanam di dalam guna memproses suara yang keluar dari ponsel tersebut supaya lebih bagus dan maksimal sejernih kristal.

Kecanggihan dan kelengkapan fitur dalam Nokia seri 5610 Xpress Music dan Sony Ericsson W910i adalah sedikit gambaran betapa seriusnya dua produsen ini melahirkan ponsel musik yang mumpuni dan terdepan dalam teknologi. Dan kedepan, kompetisi antar vendor dalam menghasilkan ponsel musik berkualitas sesungguhnya masih terus berlanjut. Ya… selayaknya simphoni tiada henti.

Update pengetaguan dunia gadget Anda melalui handphone dalam buletin “Gadget+” (khusus pelanggan Telkomsel). Gratis akses GPRS.

  1. kalo bisa bahas juga ponsel MOTOROLA ya, soalnya ponsel AGUS kan motorola, juga bahas dong masalah kemampuan operator dalam menyikapi kemajuan teknologi

  2. Mas Agus,

    Terimakasih atas kunjungan dan masukkannya. Ide Anda sangat menarik dan layak untuk kami pertimbangkan. Apalagi market share Motorola di dunia maupun di Indonesia mulai tergerus oleh vendor lain. Demikian juga mengenai peran operator seluler dalam menyikapi perubahan teknologi, khususnya teknologi wimax dan 4G.

    Salam techno…

  3. Nice compare. Sepertinya lebih unggul Sony Ericsson W910i dilihat dari musikalitasnya. Mungkin lain cerita kalau dihadapkan Nokia N81.

  4. ini lampiran dari nokia 5610

  5. hp sya nokia 5610,,klo muter musik lwt loudspeaker,,kok suaranya pcah y..???

    thanx

  6. sulit juga untuk memilih, tapi saya rasa untuk kualitas suara masih Nokia 5700 yang paling bagus.

  7. mas kalo mo jujur sih, paling gak seru jadi maniak motorola, kalo beli baru mahal banget, tapi kalo jual second murah banget, ponsel agus motorola L6 sering restat sendiri, apa ya kira-2 masalahnya,
    SALAM PERSAHABATAN :// darisahabat

  8. nokia 5610 saya kok lemot kenapa

  9. mnRtQ soaL suaRa ma UI jlas SOny MnaNg TeLak!

    UI SE yg Bru saNgat Cntik dengn efk flash yang aweSOme ABIz!!!!……

    gag Nysel Pke SE

    se-lover

  10. heum, ui se? Menarik juga mas, s0alnya sy pke k850 ui nya gitu2 aja. Apa gabisa di upgrade?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: